Tel(0721) 702014     Email: sekr-b2tp@bppt.go.id

Dukung Diversifikasi Pangan : BPPT, Perum Bulog, dan MSI Luncurkan Produk BESITA Berbahan Baku Singkong

 Besita BPPT Bulog MSI

 

Pada Selasa (15/12), telah dilaksanakan acara launching produk beras singkong dengan merek BESITA (Beras Singkong Petani) yang berlangsung di Jenderal Coffee Nusantara, Bandung.

Kerjasama Triple Helix antara BPPT, Perum Bulog dan Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) berhasil menjawab tantangan inovasi di bidang pangan dengan menciptakan produk beras artifisial berbahan baku singkong.

Kerjasama ini dilakukan sebagai upaya mempromotori dan memfasilitasi pemasaran produk dan hasil olahan singkong petani serta dalam rangka membangkitkan upaya diversifikasi pangan nasional.

Acara launching tersebut dihadiri oleh Deputi Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi Soni Solistia Wirawan, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, Ketua Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) Arifin Lambaga dan stakeholder terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Budi Waseso atau akrab disapa Buwas mengatakan potensi Indonesia yang kaya akan produksi singkong harus dimanfaatkan sebagai upaya pemerintah untuk mensukseskan program diversifikasi pangan dimana selama ini Indonesia masih sangat ketergantungan terhadap beras dan dapat memicu permasalahan ketahanan pangan nasional.

Sebagai upaya mendukung ketahanan pangan nasional, BPPT melalui Balai Besar Teknologi Pati menggandeng Perum Bulog dan Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) untuk menggembangkan dan memasarkan hasil inovasi beras singkong tersebut. Produk Beras BESITA ini memiliki kandungan karbohidrat (energi) yang setara dengan beras (padi) sehingga asupan energi tercukupi, memiliki bentuk dan rasa menyerupai beras (padi) sehingga dapat memenuhi selera konsumen.

Dalam rangka komitmen penguatan pangan singkong pada acara launching ini juga dilakukan Penandatanganan MOU antara BPPT dengan Bulog dan MSI mengenai komitmen pengembangan dan penerapan teknologi untuk pengelolaan pangan lokal.

 

 

 

Statistik Pengunjung

1.png2.png2.png7.png1.png3.png
Today22
Yesterday99
This week731
This month3360

Hubungi Kami

BALAI BESAR TEKNOLOGI PATI

Desa Negara Bumi Ilir, Kecamatan Anak Tuha

Kab. Lampung Tengah 34162

Telp. (0721) 702014