Tel: (0725) 25253    Email: sekr-b2tp@bppt.go.id

Focus Group Discussion, Pembentukan Forum Komunikasi dan Temu Bisnis Pelaku Usaha dan Ahli Teknologi Pati

 Pejabat formatur forPATI bersama Deputi Kepala BPPT Bidang TAB, Dr. Ir. Soni Solistia Wirawan, M.Eng.

Dalam rangka memperingati 5 Windu BPPT, Balai Besar Teknologi Pati, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi menyelenggarakan acara ‘Focus Group Discussion (FGD), Pembentukan Forum Komunikasi dan Temu Bisnis dengan tema “Sinergi Pelaku Usaha dan Ahli Teknologi Pati”. Acara dilaksanakan di Gedung Pusat Informasi Bisnis Teknologi dan Techno Park (PIBTT-BPPT), Bandar Lampung pada tanggal 15 Mei 2018. Acara tersebut diikuti oleh para pelaku usaha industri pati, instansi pemerintah yang terkait serta para ahli teknologi pati yang ada di lembaga litbangyasa dan perguruan tinggi. Acara dibuka oleh Dr.Ir. Soni Solistia Wirawan,M.Eng., Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi. Acara dihadiri oleh lebih kurang 70 orang pelaku usaha dan ahli teknologi pati dari berbagai lembaga litbangyasa dan perguruan tinggi.

Acara terdiri dari tiga sesi, sesi pertama adalah FGD dengan menghadirkan nara sumber, antara lain dari Institut Pertanian Bogor (IPB) tentang Teknologi Peningkatan mutu dan Produktivitas Ubikayu, Perkembangan Industri Pati di Indonesia oleh perwakilan dari Asosiasi Tepung Tapioka Indonesia (ATTI) dan Perumusan Standar Mutu Tepung Tapioka berdasarkan peruntukannya dari Badan Standarisasi Nasional (BSN). Prospek Pengembangan Pati pada Industri Pati Farmasi disampaikan oleh Direktur Pusat Teknologi Farmasi dan Medika (PTFM) - BPPT, Gabungan Asosiasi Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) menyampaikan tentang Prospek Pengembangan Pati Pangan, serta Kepala Balai Litbang Daerah Lampung menyampaikan tentang Kebijakan Pemerintah Propinsi Lampung dalam mendukung sinergi pelaku usaha dan ahli teknologi pati.

Disamping itu, juga dilakukan pembentukan Forum Komunikasi antara Pelaku Usaha dan Ahli Teknologi Pati (forPATI) yang bertujuan mempermudah akses informasi dan komunikasi antara pelaku usaha dan para ahli teknologi pati yang ada di lembaga litbangyasa dan perguruan tinggi agar bersinergi dan bekerja sama dalam mempercepat hilirisasi pemanfaatan teknologi hasil litbangyasa ke industri, serta memperluas jaringan bisnis. Akses informasi, komunikasi, dan diskusi antar anggota forPATI dapat dilakukan melalui website yang dapat diakses di www.forpati.com. Website tersebut berisi berbagai informasi terkini berbagai produk hasil inovasi teknologi, dan perkembangan-perkembangan hasil riset tentang ubikayu dan pati ubi kayu, serta forum yang memungkinkan anggota forPATI untuk berdiskusi dan berjualbeli.

Acara diakhiri dengan Temu Bisnis yang menampilkan hasil-hasil riset dan produk-produk teknologi dari lembaga litbangyasa dan perguruan tinggi. Balai Besar Teknologi Pati, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (B2TP-BPPT) memaparkan tentang teknologi-teknologi produk hilir pati ubikayu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tentang teknologi pembibitan ubikayu. Institut Pertanian Bogor (IPB) menjelaskan tentang teknologi pengolahan sumber daya pati selanjutnya Balai Riset dan Standarisasi Industri Bandar Lampung memaparkan tentang teknologi pengembangan produk olahan pati. Adapun Perguruan Tinggi yang memaparkan hasil risetnya diantaranya adalah Institut Teknologi Sumatera tentang teknologi pasca panen dan pengolahan sumber daya pati, Universitas Bandar Lampung tentang pengembangan produk-produk pati dari ubikayu, dan Politeknik Pertanian Lampung tentang teknologi pengembangan produk olahan pati ubikayu.

Statistik Pengunjung

3.png3.png9.png5.png6.png
Today41
Yesterday22
This week242
This month835

Hubungi Kami

BALAI BESAR TEKNOLOGI PATI

PO BOX 002 Negara Bumi Ilir, Kecamatan Anak Tuha

Lampung Tengah 34162

Telp. (0725) 25253, Fax. (0725) 702014 - 25253